Selasa, 10 Januari 2017

kelebihan dan kekurangan prestashop diantara software E-commerce lain

Posted by Unknown on 05.18 with No comments
1.      PrestaShop adalah bebas open source e-commerce solusi. Perangkat lunak ini diterbitkan di bawah Lisensi Open Software. Hal ini ditulis dalam PHP bahasa pemrograman dengan dukungan untuk MySQL sistem manajemen database.PrestaShop saat ini digunakan oleh 250.000 toko di seluruh dunia dan tersedia dalam 60 bahasa yang berbeda.


2.      Magento adalah aplikasi e-commerce (disebut juga online store atau shopping cart) berbasis web dengan fasilitas sangat lengkap. Magento merupakan open source yang merupakan metode pengembangan software yang menyertakan source code, dan mengizinkan pemakaian atau perubahan seperti apapun terhadap source code tersebut. Jadi, open source merupakan cara pengembangan/distribusi software yang membolehkan siapapun memperoleh, mengubah, dan mendistribusi ulang software tersebut. Namun setelah saya mengunjungi situs magento, perusahan tersebut sudah merilis Professional Edition dan Enterprise Edition  yang sepertinya sudah menjadi komersil atau diperjualbelikan.

3.      osCommerce adalah program opensource e-commerce(perdagangan online) yang digunakan untuk mengelola perbelanja online berbasis web. Oscommerce ini dapat digunakan di berbagai web server yang sudah terinstall PHP dan database MYSQL. Oscommerce ini digunakan secara bebas dibawah lisensi GNU General Public Lisence. Oscommere adalah solusi bagi anda yang berguna untuk membangun usaha bisnis perdagangan dari skala kecil sampai skala besar secara online.

4.     WooCommerce adalah sebuah plugin yang di buat oleh WooThemes. Sebuah perusahaan eCommerce yang bergerak dibidang penjualan themes khusus WordPress.

Tidak hanya menyediakan themes premium bagi WordPress, WooThemes juga menyediakan sebuah plugin yang dapat menyulap WordPress menjadi sebuah eCommerce yang canggih dan memiliki fitur-fitur lengkap layaknya situs-situs eCommerce besar.



Kelebihan Prestashop

Kelebihan
- Prestashop memeiliki lebih dari 250 fitur
- PrestaShop adalah yang tercepat, yang paling ringan, dan perangkat lunak E-Commerce Open Source paling progresif.
- Sudah lebih dari 50,000 situs menggunakan Prestashop untuk menjalankan bisnis online mereka karena lebih mudah sebuah produk ditemukan, mudahnya memperoleh informasi secara detail dari produk dan mudahnya menyelesaikan belanja beserta transaksinya.

Kekurangan
- Belum tersedianya media untuk interaksi antara user, user hanya bisa memberikan coment.
- Back-end sangat lambat untuk dikelola dan dimaintain.
- Untuk free template masih kurang tersedia.

Kelebihan Magento

Kelebihan
1. Ini opensource fitur gratisnya pun nyaris lengkap. Plus gampang digunakan. Tersedia banyak ekstension tambahan memperkuat webstore Anda.
2. Magento dibangun dari skala 1 sampai 1 juta, menghindari perangkap umum bagi para developer. Kode bisa digunakan ulang, mudah dimaintain, debugging dan lain-lain. Semua masalah mahal yang harus di tangani ecommerce solution provider. Magento memiliki konsep yang benar dan rapi. Pengelolaan produk pada Magento mulai dari produk sederhana atau configurable produk, grouped, bundled, virtual dan digital produk dapat disediakan. Anda bisa juga menjual tiket taman hiburan atau bahkan musik digital mp3 tanpa ekstensi tambahan.
3. CMS eCommerce mudah dikelola dan digunakan oleh admin.
4. Produk dapat ditambahkan tanpa batasan jumlah produk.
5. Pada halaman produk terdapat deskripsi, review, tags dan related produk (produk lain yang sama)


Kekurangan
1. User sering komplain bahwa Magento lebih lambat bila dibandingkan dengan ecommerce solution yang lain.
2. Sistem Magento sangat komplek dan tidak mudah untuk dipahami. Butuh banyak waktu untuk mengerti Magento dikarenakan kode yang sangat kompleks. Sehingga butuh pekerjaan yang tepat dan efisien agar Magento dapat berjalan dengan baik.
3. Anda perlu memilih hosting yang tepat berkaitan dengan besarnya file Magento untuk hasil yang baik. Webstore akan berjalan dengan lambat apabila web service tidak sesuai persyaratan.
4. Proses instalasi agak rumit.

 Kelebihan OSCommerce
Adapun keunggulannya antara lain adalah :
1. Gratis karena merupakan aplikasi open source
2. Sangat mudah untuk initial setup nya
3. Tidak sulit untuk memaintain isi didalamnya
4. Gampang bagi administrator toko untuk menampilkan semua produk mereka ke customer dengan       permintaan-permintaan khusus dari customer itu sendiri.
5. Komunitas yang aktif dimana sesama member saling membantu apabila menemukan kesulitan dalam penggunaannya

 Kekurangan OSCommerce
Adapun Kelemahan oscommerce antara lain :
1. Beragam fasilitas yg ada di oscommerce terkadang malah menjadi persoalan tersendiri jika yang ingin dibuat hanya sebuah toko online yg sederhana.

2. Upgrade dan penggantian template oscommerce juga harus dilakukan secara manual (upload) yang terkadang terkesan rumit.

Kelebihan WooCommerce
1. Berjalan pada platform wordpress, yang merupakan salah satu CMS terbaik dengan berbagai macam fiturnya
2. Mudah untuk dikembangkan dan juga dikustomisasi
3. Memiliki banyak pilihan tema dan juga template yang cocok untuk kebutuhan toko online anda

Kekurangan 
1. Bukan merupakan aplikasi sendiri, merupakan bagian dari plugin yang terdapat pada wordpress
2. Proses upload atau update konten hanya bisa dilakukan satu per satu, sehingga kurang cocok bagi toko online yang memiliki banyak konten











0 komentar:

Posting Komentar