REKAYASA
PERANGKAT LUNAK
Menurut Wikipedia : Rekayasa perangkat lunak adalah satu
bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak termasuk
pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembanganan perangkat lunak
dan manajemen kualitas.
Istilah software
engineering, pertama kali digunakan pada akhir tahun 1950-an dan
sekitar awal 1960-an. Pada tahun 1968, NATO menyelenggarakan konferensi tentang
software engineering di Jerman dan kemudian dilanjutkan pada tahun 1969. Meski
penggunaan kata software engineering masukan konferensi tersebut menimbulkan
debat tajam tentang aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak, banyak
pihak yang menganggap konferensi tersebutlah yang menjadi awal tumbuhnya
profesi rekayasa perangkat lunak
Fungsi dan juga tujuan dari rekayasa
perangkat lunak
1. Agar
seseorang dapat mengembangkan perangkat lunak yang bermanfaat bagi user
Tujuan
dan juga fungsi yang pertama adalah agar seseorang yang mempelajari rekayasa
perangkat lunak ini mampu mengembangkan sebuah perangkat lunak yang berguna dan
juga bermanfaat bagi usernya. Sebuah perangkat lunak tentu saja tidak akan
digunakan oleh user apabila tidak memiliki fungsi yang spesifik.
2. Agar
seseorang mampu mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada menjadi lebih baik
lagi
Perangkat
lunak yang sudah ada terkadang membutuhkan pembaruan, karena fungsinya yang
mungkin sudah berkurang. Karena itu, dengan mempelajari rekayasa perangkat
lunak seseorang akan mampu mengembangkan perangkat lunak yang sudah ada
sebelumnya agar kemudian menjadi sebuah sistem perangkat lunak yang dapat
berguna dan menjadi lebih baik lagi di kalangan user.
3. Menciptakan
sebuah perangkat lunak yang ramah dan user friendly
Sistem
perangkat lunak yang user friendly adalah sebuah sistem yang didambakan oleh
setiap user. Paling tidak, sebauh sistem perangkat lunak yang user friendly
membutuhkan tampilan atau interface yang menarik, fungsionalitas, hingga
kemudahan dalam penggunaannya.
4. Agar
sebuah sistem perangkat lunak bisa diintegrasikan dengan peralatan mekanikal
yang ada, sehingga menjadi lebih bermanfaat
Beberapa
peralatan mekanikal, seperti robotic membutuhkan integrasi dengan perangkat
lunak agar bisa bekerja dengan baik dan juga optimal. Mereka yang mempelajari
mengenai rekayasa peangkat lunak tentu saja sudah sangat paham dengan hal ini.
Dengan kemampuan yang dipelajari dalam rekayasa perangkat lunak, maka sebuah
sistem perangkat lunak dapat diintegrasikan ke dalam sebuah peralatan
mekanikal, sehingga dapat mendukung kegiatan operasional dari peralatan
tersebut.
5.
Agar
seseorang mampu untuk melakukan perawatan dan maintanence dari perangkat lunak
yang sudah ada
Fungsi
dari mereka yang mempelajari rekayasa perangkat lunak tidak hanya terpaku pada
pembuatan dan juga pengembangan dari sistem perangkat lunak yang ada, namun
juga berada pada level maintenance atau perawatan dari sebuah perangkat lunak
yang ada. Setiap perangkat lunak tentu saja membutuhkan maintenance, terutam
aketika perangkat lunak tersebut mengalami suatu gangguan atau kendala. Karena
itu, pembelajaran mengenai rekayasa perangkat lunak sangatlah dibutuhkan, untuk
kepentingan perawatan dan juga maintenance dari perangkat lunak tersebut
Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
1.
Software
Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat
lunak.
2.
Software
desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan
karakteristik lain dari perangkat lunak.
3.
Software
construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk.
algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
4.
Software
testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
5.
Software
maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah
dioperasikan.
6.
Software
configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat
lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
7.
Software
engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL,
termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
8.
Software
engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan
metode RPL.
0 komentar:
Posting Komentar